Senin, 23 Maret 2009

Akankah Punah ?


Jerapah Leher Pendek, Jerapah Leher Panjang

Masih ingatkah anda dengan cerita jerapah yang diajarkan dalam mata pelajaran Biologi, semasa SMA dulu? Semula terdapat sekumpulan jerapah berleher pendek yang berada dalam sebuah hutan. Di dalamnya terdapat pohon – pohon yang tinggi dan pohon – pohon yang pendek / rendah. Ada beberapa jerapah yang suka memakan dedaunan di pohon yang tinggi, dan ada yang lebih suka memakan dedaunan di pohon – pohon yang pendek.

Setelah beberapa tahun kemudian diketemukanlah 2 kondisi yang berbeda dari kumpulan jerapah tersebut. Beberapa dari mereka memiliki leher yang panjang, dan sisanya memiliki leher yang pendek. Kenapa bisa demikian? Ternyata berdasarkan teori yang ada, jerapah yang berleher panjang adalah jerapah yang sering melatih lehernya untuk menjangkau dedaunan yang tinggi. Sedangkan mereka yang berleher pendek adalah jerapah – jerapah yang lebih suka mencari dedaunan di pohon – pohon yang pendek.

Kisah tersebut tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Dalam akhir cerita selalu diungkapkan bahwa nantinya jerapah leher pendek akan mati dan punah, sedangkan jerapah yang berleher panjang akan tetap bertahan hidup. Kepunahan jerapah berleher pendek dikarenakan habisnya dedaunan yang ada di pohon – pohon yang pendek, dan mereka tidak dapat menjangkau dedaunan di pohon yang tinggi. Sungguh tragis bukan?

Sejenak saya berpikir apakah beberapa dari kita, jemaat GKI Ngagel ini, akan memiliki nasib yang sama dengan para jerapah yang berleher pendek tersebut.
Permasalahan bukan terletak pada tidak adanya sumber makanan, namun justru terlalu banyaknya makanan yang masuk tanpa diimbangi dengan ”OLAHRAGA” yang cukup. Alhasil banyak sekali ditemukan penyakit – penyakit baru pada manusia jaman sekarang. Aneh tapi nyata, namun itulah realita yang terjadi.


Sie Olah Raga, Komisi Pemuda GKI Ngagel

Pernahkah anda mendengarnya ? Dan apakah anda sudah mengenal dengan betul tentang siapakah mereka ini? Mari kita simak sejenak profil tentang mereka .
Berdasarkan buku ” Sejarah Ringkas 1 GKI Ngagel ” aktivitas olahraga di GKI Ngagel dimulai sejak tahun 1974. Ada beberapa aktivitas olahraga yang dilakukan pada tahun 1974 – 1980, yaitu olahraga bola voli di LKK Manyar (intern), Home-Tournament, dan pertandingan persahabatan dengan remaja pemuda GGS serta pemuda remaja SMAK Bethel. Pada tahun 1976-1977 pernah juga diadakan pertandingan bulu tangkis dan Bridge dengan Komisi Pemuda GKI Jombang.

Pada Dekade 80-an mulai dibentuk kepengurusan yang berjumlah 4 – 5 orang dalam Komisi Remaja di bidang olahraga. Dan kegiatan yang dilakukan adalah olahraga voli dan tenis meja. Sejalan dengan perkembangan bidang pelayanan di GKI Ngagel, maka aktivitas olahraga di GKI Ngagel pun juga semakin bertambah. Mulai dari olahraga badminton, basket, ping pong, sepakbola, futsal. Bahkan pada waktu – waktu tertentu pernah diadakan refreshing day, dimana teman – teman pemuda remaja diajak untuk bermain segala macam jenis permainan seperti catur, karambol, dan permainan lainnya selama seharian penuh. Asyik juga ya...

Bagaimana dengan sepak terjang mereka ? Ternyata ada cukup banyak prestasi yang ditorehkan pada sejumlah piala penghargaan yang didapatnya.



Berikut adalah prestasi dari GKI Ngagel di bidang olahraga :

Olahraga Bulutangkis
1. Juara I & II Bulutangkis Turnamen Klasis Banyuwangi 23 & 24 Juni 1997 di GKI Ngagel, Surabaya.
2.Juara II & III Turnamen Olahraga Bulutangkis Putra KP Klasis Banyuwangi 2007.

Olahraga Tenis Meja
1. Juara I Tenis Meja Turnamen Klasis Banyuwangi 23 & 24 Juni 1997 di GKI Ngagel , Surabaya.
2. Juara II Maranatha Cup VI Tenis Meja Beregu Putra. Hut GP GPIB ke-34 di Jemaat Maranatha Surabaya.

Olahraga Volley
1. Juara I Volley Putri, Pesta Lomba 50 tahun Indonesia Merdeka (Panitia Peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka, Komisi Pemuda Sinode GKI Jawa Timur).
2. Juara I Volley Putra, Pesta Lomba 50 tahun Indonesia Merdeka (Panitia Peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka, Komisi Pemuda Sinode GKI Jawa Timur).

Olahraga Basket
1. Juara I Turnamen Olahraga Basket Putra KP Klasis Banyuwangi 2007.
2. Juara Harapan I ” Edgar Wiraditama Cup” ,Turnamen Basket GP-GPIB Bukit Zaitun Surabaya.
3. Juara I Turnamen Bola Basket GKI Ngagel CUP 2002.

Olahraga Futsal
1. Juara I Futsal Unity Cup, 15 Nopember 2007 GKI Pos PI Aletheia Surabaya.

Lain - Lain
1. Juara I Tarik Tambang Putra Pesta Lomba 50 tahun Indonesia Merdeka (Panitia Peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka, Komisi Pemuda Sinode GKI Jawa Timur).
2. Juara Umum Pesta Lomba 50 tahun Indonesia Merdeka (Panitia Peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka, Komisi Pemuda Sinode GKI Jawa Timur).
3. Memperoleh Piala Bergilir Turnamen Klasis Banyuwangi GKI-Jatim (hingga saat ini).

Cukup membanggakan bukan? Bukankah ini sebuah sejarah , yang ingin mengatakan bahwa di GKI Ngagel ini ternyata ada juga beberapa jemaat yang berbakat di bidang olahraga? Dan sebenarnya cukup banyak jemaat yang berminat untuk berolahraga bersama dengan saudara – saudara seimannya ? Selain membuat badan ini menjadi sehat, juga dapat menjalin keakraban antar sesama jemaat. Dan aktivitas ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah persekutuan dalam kemasan yang berbeda.

Memang realitanya kepengurusan Sie Olahraga masih dibawah Komisi Pemuda GKI Ngagel. Namun itu bukanlah sebuah harga mati, yang ingin menyatakan bahwa aktivitas olahraga di GKI Ngagel hanyalah milik rekan – rekan pemuda remaja saja Justru sangat diharapkan sekali banyak jemaat umum yang bisa ikut berpartisipasi di dalamnya. Baik majelis, aktivis dalam setiap komisi, termasuk juga anda jemaat di GKI Ngagel ini.

Akankah (aktivitas olahraga GKI Ngagel) punah?? Jawabannya TIDAK, jika kita jemaat GKI Ngagel ini mau melestarikan dengan berpartisipasi di dalamnya. Biarlah dibalik aktivitas pelayanan kita yang padat, terdapat juga tubuh kita yang sehat. SALAM OLAHRAGA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar